Sunday, January 1, 2012

AGAPA ACTION 2012

coming soon....
AGAPA ANNIVERSARY SCOUT COMPETITION 2012 in 2012 informasi lebih lanjut silahkan download..
Formulir Pendaftaran
Biodata Peserta
Biodata Pembina
Biodata Bina Damping
Petunjuk Teknis
Jadwal Kegiatan

Petunjuk Teknis AGAPA ACTION 2012


A. PENDAHULUAN DASAR PEMIKIRAN Kepramukaan merupakan wadah bagi generasi muda bangsa agar kelak dapat menghasilkan insan - insan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap tugas yang senantiasa dibebankan kepada mereka.Sebagai penerus bangsa yang berpotensi mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di semua aspek kehidupan, sehingga diperlukan pembinaan yang mengacu pada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang kelak dapat tumbuh menjadi kader bangsa yang mandiri, berintelektual dan berwawasan luas. Untuk dapat menghasilkan sumber daya manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berintelektual dan berwawasan luas.Gerakan pramuka merupakan wadah pembinaan bagi generasi muda yang diharapkan kelak dapat melahirkan generasi – generasi penerus yang bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta cinta terhadap Bangsa dan Negara. Oleh karena itu, kami dari gerakan Pramuka AmbalanGaruda PancasilaGudep011 / 012 SMA NEGERI 1Maros akan melaksanakan suatu kegiatan perkemahan sebagai wujud kepedulian kami terhadap pengembangan generasi penerus bangsa yang kami wujudkan dalam suatu kegiatan perkemahan lomba yang bertujuan dapat memberikan sumbangsih besar terhadap peningkatan kemampuan peserta didik agar tercipta suatu keadaan yang rukun, damai, dan terpelihara dengan sesama anggota Gerakan Pramuka. Kegiatan ini bertajuk “AGAPA ACTION 2012” (AgapaAnniversary Scout Copetition 2012 Se- Kota Makassar, Gowa, Pangkep dan sekitarnya). AGAPA ACTION 2012 merupakan salah satu bentuk perhatian kami terhadap perkembangan Gerakan pramuka. Pada kesempatan ini Ambalan Garuda Pancasila Gudep 011 / 012 SMAN 1 Maros menciptakan kegiatan perlombaan kepramukaandalam bentuk perkemahan yang dirangkaikan dengan Reuni Akbar Alumni gerakan Pramuka Ambalan Garuda Pancasila Gudep 011 / 012 SMAN 1 Maros. Pada era globalisasi ini, peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan hal yang mutlak dilaksanakan untuk mempertahankan eksistensi suatu masyarakat maupun bangsa.Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan kepribadian anak bangsa melalui gerakan pramuka.Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan peran aktif dari semua pihak.Kami selaku panitia pelaksana AGAPA ACTION 2012 mengharapkan dukungan dan bantuan dari semua pihak untuk turut berpartisipasi dalam acara ini. DASAR PELAKSANAAN Adapun dasar pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan sebagai berikut: • Keputusan Presiden No 034 Tahun 1999 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka; • Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No 080 Tahun 1988 tentang Pola dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak Pandega; • Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka No. 10/MUNAS/03 tentang Rencana Strategik Gerakan Pramuka; • Program Kerja Dewan Ambalan Garuda Pancasila Gudep011 / 012 masa bakti 2011 – 2012; • Saran dan pendapat dari Anggota Dewan Gerakan Pramuka Ambalan Garuda Pancasila Gudep 011 / 012 SMAN 1 Maros. TUJUAN KEGIATAN Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut : • Menjalin tali silaturrahim dengan sesama Anggota Gerakan Pramuka; • Terciptanya Anggota Gerakan Pramuka yang tetap menjunjung tinggi nilai- nilai persaudaraan , kerjasama dan tanggung jawab; • Terciptanya Anggota Pramuka yang mampu berfikir dan bertindak secara lebih rasional, dewasa dan lebih terarah; • Menjalin persatuan dan tali silaturrahim dengan sesama anggota pramuka tingkat penegak pada khususnya dan seluruh anggota pramuka pada umumnya; • Membina rasa persatuan diantara sesama anggota pramuka. SASARAN KEGIATAN Sasaran kegiatan ini adalah sebagai berikut : • Seluruh anggota Gerakan Pramuka tingkat Penegak /sederajat Se-Kota Makassar; • Seluruh anggota Gerakan Pramuka tingkat Penegak / sederajat Se- Kabupaten Gowa; • Seluruh anggota Gerakan Pramuka tingkat Penegak/ sederajat Se- Kabupaten Maros; • Seluruh anggota Gerakan Pramuka tingkat Penegak / sederajat Se- Kabupaten Pangkep. B. ASPEK TEKNIS ADMINISTRASI DAN OPERASIONAL NAMA KEGIATAN Adapun nama kegiatan ini dengan tajuk “AGAPA ACTION 2012“ yaituAgapaAnniversary Scout Competition se-Kota Makassar, Gowa, Maros, Pangkep dan Sekitarnya. TEMA KEGIATAN Tema kegiatan ini adalah sebagai berikut : “REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA UNTUK MEWUJUDKAN TUNAS BANGSA KREATIF, INOVATIF DAN KOMPETITIF” WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan insyaallah akan dilaksanakan pada : Hari / Tgl : Rabu – Sabtu/ 11-14Januari 2012; Tempat : SMA Negeri 1 Maros dan sekitarnya. PELAKSANA KEGIATAN Kegiatan ini dilaksanakan oleh putera – puteri AmbalanGaruda Pancasila 011 / 012 SMAN 1 Maros beserta unsur – unsur yang terkait antara lain: • Pengurus Dewan AmbalanGaruda Pancasila 011 / 012 SMAN 1 Maros; • Anggota Dewan Ambalan Garuda Pancasila 011 / 012 SMAN 1 Maros; • Dewan Guru dan Dewan Pembina SMAN 1 Maros; • Purnabakti dan SimpatisanAmbalan Garuda Pancasila. PESERTA Kegiatan ini nantinya akan diikuti oleh Pramuka Penegak yang tiap pangkalannya mengutus 10 orang Putera dan 10 orang Puteri, serta Pembina dan Bina Damping dari Pangkalan Masing – masing.Adapun Pangkalan yang akan kami undang yaitu : • Seluruh Anggota Pramuka Penegak / sederajat se-Kota Makassar, Gowa, Kabupaten Maros, Pangkep dan Sekitarnya. JENIS KEGIATAN Adapun jenis kegiatan yang akan dilaksanakan dalam bentuk kemah lomba yang akan memperebutkan piala bergilir yaitu: Lomba Teknik Kepramukaan; • VARIASI BARISAN, • PARADE SEMAPHORE, • KEPT CLEAN, • CERDAS CERMAT, • PERAGAAN BUSANA PRAMUKA, DAN • BANGUNAN KREATIF. Lomba Non Teknik Kepramukaan ; • MUSIKALISASI PUISI, • DRAMA, • SKETSA, • MEMASAK, • FOTOGRAFI, • DEBAT ILMIAH, • DAI MUDA SCOUT, DAN • TADARRUS. MEKANISME PENDAFTARAN • Pendaftaran dilakukan pada saat tanggal 16 – 25 desember 2011. Setiap hari mulai pukul 14.30 – 17.00 WITA di SMA 1 Maros. • Technical Meeting dilakukan pada tanggal 24 desember 2011 pukul 14.00 – selesai bertempat di SMAN 1 Maros. ADMINISTRASI Adapun perlengkapan administrasi yang mesti dipersiapkan oleh peserta antara lain : • Surat mandat; • Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap; • Biodata seorang Pembina, peserta PA, dan PI, beserta bindap. Bindap maksimal 2 orang 1 PA, & 1 PI; • Foto peserta, bina damping, dan Pembina ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar; • Foto copy KTA, disertai KTA asli; • Surat izin orang tua; • Biaya konstribusi Rp. 200.000,-/ pangkalan. FEED BACK BAGI PESERTA • Piala bergilir “AGAPA ANNIVERSARY SCOUT COMPETITION” bagi juara satu umum • Piala tetap juara 1,2, dan 3 untuk setiap juara umum + Bea pembinaan • Piala tetap juara 1,2, dan 3 untuk setiap mata lomba • Sertifikat penghargaan untuk setiap Peserta dan bina damping • Plakat kegiatan untuk setiap gugus depan PEROLEHAN POIN • Untuk lomba Teknik Kepramukaan Juara 1 : 10 poin Juara 2 : 8 poin Juara 3 : 6 poin • Untuk lomba non-Teknik kepramukaan Juara 1 : 8 poin Juara 2 : 6 poin Juara 3 : 4 poin • Jika poin sama maka penentuan juara dilihat dari jumlah perolehan medali Untuk memperoleh juara umum maka poin dari putra dan putri akan diakumuliasikan. PENUTUP AGAPA ACTION 2012 sengaja kami laksanakan agar dapat menjadi sarana dalam berbagi ilmu kepramukaan. “REVITALISASI GERAKAN PRAMUKA UNTUK MEWUJUDKAN TUNAS BANGSA KREATIF, INOVATIF DAN KOMPETITIF” sebagai sub- tema agar para pramuka se- kota Makassar, Gowa, Maros, Pangkep dan sekitarnya ( Khususnya ) dapat menjadikan pramuka sebagai acuan dalam berkarya. Terima kasih kami haturkan kepada seluruh pihak yang telah membantu kepanitiaan agapa Action 2012 ini.Agapa action 2012 ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan bersama, dan semua pihak dapat menikmati kegiatan kami ini. PERATURAN UMUM Adapun peraturan dan ketentuan umum pada kegiatan ini yaitu: • Lomba ini diikuti oleh gerakan pramuka tingkat Penegak / sederajat se- kota Makassar, Maros, Gowa, Pangkep dan Sekitarnya; • Setiap pangkalan mengutus 10 orang putra, dan 10 orang putri sebagai peserta, 1 orang pembina dan 2 orang bina damping; • Waktu pelaksanaan lomba bertempat di SMA 1 Maros dan sekitarnya pada tanggal 11- 14 Januari 2011; (jadwal terlampir) • Peserta diwajibkan menjaga nama baik pangkalan masing – masing, pramuka SMAN 1 Maros, dan Agapa Action 2012; • Peserta wajib menjaga sportivitas selama mengikuti kegiatan; • Apabila ada yang kurang jelas pada pelaksanaan setiap mata lomba harap dikonfirmasikan pada panitia melalui bina damping pangkalan yang terdaftar; • Peserta yang belum melapor pada saat kegiatan telah dimulai maka akan dinyatakan didiskualifikasi pada kegiatan tersebut. PETUNJUK TEKNIS LOMBA TEKNIK KEPRAMUKAAN  VARIASI BARISAN • Setiap pangkalan mengutus 15 orang gabungan Pa dan Pi • Peserta hadir 15 menit sebelum lomba dimulai • Peserta membentuk variasi barisan sesuai kaidah LKBB • Dalam membentuk variasi harus disertai dengan musik • Waktu tampil maksimal 10 menit • Aksesoris apapun tidak terhitung dalam aspek penilaian • Peserta diwajibkan menggunakan uniform Pramuka • Peserta akan dikarantina • Menyetor musik pengiring dalam bentuk MP3 soft file 5 menit sebelum lomba • Aspek penilaian • Kebenaran aba-aba dan pelaksanaan = 30 % • Bentuk Variasi yang ditampilkan = 30 % • Keseragaman = 15 % • Kekompakan dan semangat = 25 % • Waktu sebagai pembanding  PARADE SEMAPORE • Setiap pangkalan mengutus 15 orang gabungan Pa dan Pi • Peserta tampil dengan menggunakan pakaian pramuka lengkap • Setiap pangkalan menyediakan perlengkapannya sendiri berupa bendera semapore • Peserta wajib tampil dengan iringan musik • Peserta diwajibkan menampilkan atraksi parade semapore dengan kata “Agapa Anniversary Scout Competition “ • Peserta menyetor musik pengiring dalam bentuk MP3 soft file 5 menit sebelum lomba • Waktu ditentukan maximal 10 menit • Peserta akan dikarantina • Peserta hadir 15 menit sebelum lomba dimulai • Aspek penilaian • Kekompakan = 30 % • Kreatifitas = 20 % • Kerapian = 20 % • Ketepatan bentuk huruf = 30 %  KEPT CLEAN • Lomba ini dikuti oleh seluruh peserta • Menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan sekitarnya • Mengatur tanaman • Tidak merusak tanaman yang ada • Aspek penilaian • Kebersihan = 80 % • Tata ruang = 20 %  CERDAS CERMAT • Pangkalan mengutus 3 peserta gabungan Pa dan Pi • Peserta utusan wajib menggunakan pakaian uniforum • Peserta hadir 15 menit sebelum perlombaan dimulai • Peserta akan dikarantina • Peserta mengikuti babak pengisihan berupa soal tertulis untuk masing-masing peserta. • Empat Pangkalan dengan nilai akumulasi teratas akan mengikuti babak final cerdas cermat • Aspek penilaian • Kebenaran menjawab pertanyaan : 100%  PERAGAAN BUSANA PRAMUKA • Peserta Mengutus 1 Pa dan 1 Pi • Mengenakan pakaian pramuka lengkap • Peserta akan dikarantina • Peserta hadir 15 menit sebelum lomba dimulai • Terdapat sesi pertanyaan • Aspek penilaian • Kebenaran menjawab pertanyaan = 40 % • Penampilan = 30 % • Kelengkapan = 30 %  BANGUNAN KREATIF • Tiap pangkalan mengutus 7 orang peserta gabungan Pa dan Pi • Peserta menggunakan pakain lapangan, hadir di lapangan 15 menit sebelum lomba dimulai • Bahan dan alat disediakan oleh peserta berupa : a. tali kapas; b. tongkat tinggi 160 cm dispensasi ± 2cm; dan/atau c. bambu tinggi maksimal 2 meter • Peserta membuat bangunan pionering bersifat semi permanen (tanpa dipatong dan tidak ditanam) • Peserta menyetor sketsa dan/atau print out bangunan yang akan dibuat, dan juga miniatur bangunan • Waktu yang ditentukan adalah 60 menit. • Sketsa dan miniatur disetor pada saat administrasi ulang • Adapun aksesoris jika diperlukan hanya bendera cikal dan semaphore • Aspek penilaian • Kebenaran simpul dan ikatan = 40 % • Kekuatan dan kerapian = 30 % • Kreativitas dan keindahan = 30 % • Waktu sebagai pembanding NON TEKNIK KEPRAMUKAAN  ADMINISTRASI • Surat mandat • Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap • Biodata Pembina, peserta PA, dan PI, beserta bindap, bindap maksimal 2 orang 1 PA, & 1 PI • Foto peserta, bina damping, dan Pembina ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar • Teks Drama • Menu masakan • Teks musikalisasi puisi • Foto copy KTA, disertai KTA asli • Terangkum dalam bentuk jilid • Aspek penilaian Kelengkapan : 70 % Kerapian/kreatifitas : 30 % Tambahan : pembanding  MUSIKALISASI PUISI • Terdiri dari maksimal 7 orang gabungan Pa dan Pi sudah termaksud pengiring • Peserta Tampil mengenakan uniforum lengkap • Alat yang digunakan non elektronik kecuali mikrofon • Peserta membawakan 2 buah musikalisasi Puisi • Menyetor lirik Puisi masing-masing 3 rangkap • Puisi wajib : • Aku Ingin ( Karya Supardi Joko Damono ) • Puisi pilihan : • Bebas • Aspek Penilaian • Kekompakan = 20 % • Penampilan = 10 % • Kreatifitas = 30 % • Harmonisasi = 40 %  DRAMA • Setiap pangkalan Mengutus minimal 5 orang Pa dan/atau Pi • Kostum dan perlengkapan disiapkan oleh masing – masing pangkalan • Waktu yang diberikan untuk tampil Max 15 menit • Peserta hadir 15 menit sebelum lomba dimulai • Peserta akan dikarantina • Aspek penilaian • Kekompakan = 20 % • Penjiwaan dan Ekspresi = 50 % • Skill language (Intonasi dan artikulasi) = 30 % Waktu sebagai pembanding  SKETSA • Mengutus 1 orang Pa dan 1 orang Pi • Pakaian Uniform Pramuka • Alat disiapkan peserta • Peserta hadir 15 menit sebelum lomba • Peserta dikarantina • Waktu yang di berikan untuk membuat Sketsa Maksimal 90 menit • Aspek Penilaian • Sketsa (gambar) = 40 % • Estetika = 20 % • Teknik = 30 % Waktu sebagai pembanding  MEMASAK • Setiap pangkalan mengutus 4 orang gabungan Pa dan Pi • Peserta mengenakan pakaian Uniform Pramuka • Alat dan bahan disiapkan peserta • Peserta hadir 15 menit sebelum lomba • Peserta bebas memilih bahan dasar yang ditentukan oleh sangga kerja • Bahan dasar yang ditentukan oleh Sangker berupa: a. ubi; b. mie; dan c. sagu. • Waktu yang diberikan untuk memasak Maksimal 90 menit • Aspek Penilaian • Rasa = 50 % • Teknik penyajian = 20 % • Nilai gisi = 30 % Waktu sebagai pembanding  DEBAT ILMIAH • Pangkalan mengutus 3 orang gabungan Pa dan Pi • Peserta mengenakan Pakaian Uniform Pramuka • Alat tulis disiapkan peserta jika perlu • Peserta hadir 15 menit sebelum lomba • Peserta dikarantina • Aspek Penilaian • Wawasan = 40 % • Penguasaan materi = 40 % • Kekompakan = 20 %  DA’I MUDA SCOUT • Mengutus 1 orang Pa • Peserta mengenakan pakaian Uniform Pramuka • Peserta hadir 15 menit sebelum lomba dimulai • Peserta dikarantina • Tema ditentukan oleh panitia pada saat karantina • Waktu yang diberikan untuk tampil Maksimal 10 menit • Aspek Penilaian • Penguasaan materi = 50 % • Gesture = 40 % • Penggunaan bahasa = 10 %  TADARRUS • Mengutus 1 orang Pi • Pakaian Muslimah • Al Qur’an disiapkan Sangker • Peserta dikarantina • Aspek Penilaian • Tajwid = 100 %

Jadwal Kegiatan